Selasar Kartini Salatiga

12 Feb 2013

selasar kartini

selasar kartini

Kalau dulu kalau warga Salatiga ingin jalan-jalan pagi, atau sepedaan bersama keluarga tempatnya cuma satu yaitu lapangan Pancasila. Namun kini warga kota berhawa sejuk itu punya tempat tongkrongan baru, namanya Selasar Kartini. (Mungkin aku telat mengunjunginya)

Dinamakan Selasar Kartini, sepertinya karena tempat ini memang terletak di jalan Kartini Salatiga. Persisnya dari depan SDN 4 dan 5 hingga ke SMPN 1 dan 2 Salatiga. Wujudnya memang hanyalah trotoar lebar di salah satu sisi jalan Kartini. Namun kecerdasan ide pembuatnya, patut aku acungin jempol.

Dahulu tempat ini hanyalah ruas tepian jalan dengan perbedaan level yang cukup tinggi, sehingga sulit untuk pemanfaatanya. Ada pohon besar berderet di tepian jalan ini dan di bawahnya sekitar 2-3 meteran di bawahnya ada selokan irigasi yang lebar (kami dulu menyebutnya sungai). Lebar selokan itu kurang lebih dua meter dengan pasangan batu kali di kedua sisinya. Pada jarak tertentu dilengkapi pintu air untuk mengendalikan debit aliranya. Aku hafal benar sungai itu karena kebetulan aku sekolah di SDN 5 dan melanjutkan ke SMPN 1 di kedua ujung selasar ini.

sebagian beda level masih dipertahankan

sebagian beda level masih dipertahankan

Kini selokan itu dibuat menjadi gorong-gorong tertutup dan di atasnya dibangun trotoar selebar kurang lebih enam meteran. Pohon-pohon besar masih dipertahankan, bahkan ditambah tanaman hias sekaligus sebagai pagar/ pembatas dengan jalan raya sehingga udara kota yang sudah sejuk itu menjadi lebih nyaman dengan suplai oksigen yang cukup melimpah.

teduh dan berpagar taman

teduh dan berpagar taman

Oya kawan kebetulan disepanjang jalan ini memang sekolah melulu adanya. SDN 4 dan 5, Taman Kanak-Kanak Dharmawanita, SMAN 3 (dulu SPG), SMP N1 dan 2, SDN 6 (dulu PSP), Akademi Bahasa Asing Satyawacana dan beberapa tempat beimbingan belajar.

berkumpulnya berbagai usia

berkumpulnya berbagai usia

Tempat ini cukup ramai kalau hari libur, dari pagi hingga habis isya tak ada habisnya orang beraktivitas di tempat ini. Sabtu sore itu aku lihat anak beratraksi sepeda BMX di depan SDN 5, di depan SMAN 3 anak-anak beraksi dengan sketboardnya dan diujung dekat SMPN 1 anak-anak ramai bermain sepatu roda sewaan di tempat itu.c438e5dd3dfcf4f8a3dadc6d213d8670_aksi-skedboard

Hari Minggunya lebih seru lagi. Pagi itu ada senam aerobic tepat di depan jalan masuk ke SMPN1 yang diadakan oleh Komunitas Trail Salatiga. Peserta senampun bebas siapapun boleh ikutan dan kebetulan saat itu ada juga anak-anak dari sasana Tinju, karate dan wushu dari Sasana Singa Mas Schreuder. (kata pelatihnya ada diantara mereka yang sudah berprestasi dari tingkat propensi, PON hingga Sea Games. Wowakupun kaget karena selama ini aku pikir Salatiga hanya penghasil atlet lomba lari marathon Nasional).

Pagi itu persewaan tidak hanya sepatu roda, namun bertambah siang ada juga skuter roda tiga, sepeda zigzag dan mobil-mobilan besar dengan penggerak Accu. Pejual jajananpun cukup banyak, ada minuman ringan, bubur kacang hijau, bubur sumsum, kolak dan sebagainya.

Meski kegiatan banyak di sini, namun sayang beberapa kios yang tersedia satupun belum ada yang menempati. Konon ongkos sewanya cukup mahal untuk ukuran kota kecil Salatiga, dan nyatanya tanpa sewa kiospun mereka masih bisa jualan

senam aerobik bersama komunitas Trail Salatiga dan atlet wushu, karate, boxing dan masyarakat

senam aerobik bersama komunitas Trail Salatiga dan atlet wushu, karate, boxing dan masyarakat

Oke……. sukses deh, Mas Yulianto (wali kota Salatiga) yang sudah menambah sarana kegiatan positif di kota itu. Semoga dengan beraktivitas positif seperti itu energy lebih anak-anak muda dapat tersalurkan, sehingga tak sempat keluar menjadi kenalan remajamatur nuwun.

kios-kios yang masih kosong

kios-kios yang masih kosong


TAGS salatiga kartini smpn1 sma 3 atlet sepatu roda rekreasi murah meriah visit jawa tengah 2013


-

Author

Seseorang yang ingin berbagi pengalaman atau ide lewat tulisan

Follow Me